Kamis, 01 Agustus 2019

macam - macam sandi

KUMPULAN SANDI SANDI


Kata sandi berasal dari bahasa Sanskerta, yang artinya rahasia. Karena itu maka tulisan rahasia disebut sandi, atau tulisan-tulisan yang dirahasiakan. Huruf atau kata sandi sulit dimengerti kecuali kalau kita mengetahui  kunci atau cara memecahkannya.

Asal mula sandi ini berasal dari para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana  dan suka berpindah-pindah tempat tinggal,untuk itu mereka harus memiliki  kata sandi dan bisa mempergunakannya berbagai bentuk sandi untuk mengecoh / mengelabui lawan-lawan atau musuhnya. Sekitar tahun 3000 SM, di Kerajaan Babilonia telah ditemukan tulisan cuneiform. Untuk mengirimkan berita rahasia antar kota, mereka menulis pesan di kepala para budak yang baru dicukur, lalu menunggu sampai rambutnya tumbuh. Kemudian budak itu dikirim ke tempat yang dituju. Di tempat tujuan, kepala budak dicukur kembali untuk mengetahui pesan yang tersembunyi.

1.       Sandi Koordinat / Merah Putih





































Cara Membaca Sandi Koordinat

Sandi Koordinat biasanya dilengkapi dengan kata kunci semisal: “Jika tidak ingin tersesat, jangan lupa melihat posisi  regu adik dengan kordinat x/y = KEMAH MESRA”; "Temukan posisi yang aman pada kordinat x/y = GADIS TIMUR" dan sejenisnya. dan untuk soal sandinya selalu terdiri atas deretan abjad yang terkelompok dua-dua semisal: ME AM GT DR dan sejenisnya.

Untuk lebih jelasnya lihat contoh sandi koordinat berikut:
sandi koordinat

Pada sandi di atas, kata kunci sandinya adalah “Jika tidak ingin tersesat, jangan lupa melihat posisi  regu adik dengan kordinat x/y = KEMAH MESRA”. Sedangkan soal sandinya berbunyi: AR KM HR HA KM KS KA KS KA AM KM MR MS KM KS KM AS.
Penggalan kata kunci, "x/y = KEMAH MESRA” inilah yang nantinya berguna dalam memecahkan sandi koordinat ini. Kalimat tersebut mempunyai arti kata "KEMAH" menjadi sumbu X sedangkan kata "MESRA" menjadi sumbu Y. Hingga kita bisa memecahkan sandi ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Buatlah sebuah sistem koordinat kartesius dengan menggunakan kata "KEMAH" sebagai sumbu X dan kata "MESRA" sebagai sumbu Y.
  2. Isikan deret abjat dari A hingga Z pada sistem koordinat tersebut. Lihat gambar:
  3. Jika tidak mencukupi, gunakan cell terakhir untuk dua huruf sekaligus yaitu Y dan Z
  4. Gunakan gambar tersebut untuk memecahkan soal sandi dengan cara:
    1. Soal pertama: AR, tarik garis dari huruf "A" (dari kata KEMAH) secara vertikal (ke bawah) kemudian tarik garis dari huruf R (dari kata MESRA) secara horisontal (ke samping). Garis akan bersilangan pada salah satu dari deret abjad (A-Z) yaitu huruf "S". Berarti AR = S.
    2. Lakukan hal sama dengan soal selanjutnya yaitu "KM". Tarik garis dari huruf "K" (dari kata KEMAH) secara vertikal (ke bawah) kemudian tarik garis dari huruf M (dari kata MESRA) secara horisontal (ke samping). Garis akan bersilangan pada salah satu dari deret abjad (A-Z) yaitu huruf "A". Berarti KM = A.
    3. Lakukan hal yang sama hingga semua soal terbaca.
  5. Setelah semua soal terpecahkan kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut: AR = S; KM = A; HR = T; HA = Y atau Z; KM = A. Sehingga jika disusun akan terbaca menjadi SATYA.
Lima huruf pertama sudah dapat kita baca. Untuk huruf-huruf selanjutnya silakan dicoba sendiri untuk latihan. Dan jika penjelasan di atas kurang jelas, tonton saja Video Tutorial Membaca Sandi Koordinat berikut:

2.       Sandi Rumput
Sandinya dibuat menyerupai rumput ( rumput pendek berarti titik sedangkan rumput panjang berarti garis )
Contoh :
      PRAMUKA = .--. / .-. / .- / -- / ..- / -.- / .-
      . = λ
      - = Λ


 

Maka PRAMUKA =

3.       Sandi Abjad / Sandi Balik
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
 

Z Y X W V U T S R Q P O N M L K J I H G F E D C B A

Kunci = AZ atau ZA, bisa juga ditulis A = Z atau sebaliknya.
Contoh : GUDEP akan kita tuliskan TFWVK
Kita lihat G ada di atas huruf T, lalu U ada di atas F, dst.

4.       Sandi AND
Sandi  AND adalah sandi yang huruf-hurufnya diletakkan pada kata AND,contoh :

ANDA   KANDU   ANDA   DANDA   DANDI   SANDI   NANDI
       A   K       U   A          D       A   D       I   S      I   N       I
= Aku ada di sini

5.       Sandi Siput
Sandi yang cara membacanya  berputar menyerupai rumah siput, dengan cara mencari kata yang paling tengah (ada tandanya).
Contoh :
      U  D  U  N  I  A
      D  O  W  E  L
      N  P   B  A  L
      A  N  E   D  B
      P  K  A   P  A
= Baden Powell Bapak Pandu Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Dewan Kerja Penggalang maupun Penegak

TIPS SUKSES DEWAN KERJA!!! 1.Melakukan Breafing sebelum atau sesudah   kegiatan. 2.Melengkapi peralatan kegiatan 3.Melatih andik a...